Friday 23 January 2009

Menjadi Orang Jujur Itu Ternyata Sangat Sulit

Menjadi Orang Jujur Itu Ternyata Sangat Sulit

Saya telah 11 tahun menjadi PNS di Kota Pekalongan. Saya mengikuti Tes Seleksi Penerimaan CPNS Tahun 1996/1997. Terus terang aja yang menganjurkan menjadi PNS adalah Ibu saya. Alhamdullilah/Puji Tuhan/Thank's GOD, saya diterima dari ribuan pelamar saat itu. Sebernarnya saya heran ternyata menjadi PNS merupakan cita-cita banyak orang.

Selama saya menjadi PNS sampai dengan sekarang saya banyak menjumpai praktek menaikan harga yang tidak wajar/mark-up, membuat nota-nota fiktif, barang yang sebenarnya masih layak tapi di hapuskan, membuat proyek-proyek yang tidak wajar atau mengulang proyek sebelumnya. Terutama proyek mengenai teknologi informatika.

Saya selama 11 tahun tidak pernah menjadi bendahara/pemegang kas....memang saya orang yang punya sifat keinginan tahuan yang tinggi jadi mungkin atasan saya tidak mau menunjuk saya.

Saya mengakui juga kalo saya ingin jujur dilingkungan pemerintahan, sangat sulit diwujudkan.Jadi kadangkala saya mengikuti kebiasaan yang sudah berlaku di sana.

Kadangkala kalo ada orang yang ingin berbuat jujur dianggap "sok suci" jadi serba salah.

Saya sendiri sangat mengaggumi Nabi Muhammad, dalam perilakunya beliau selalu berbuat jujur sehingga banyak orang menjuluki beliau "Al-Amin"(dapat dipercaya).

Olehk karena itu, perencanaan dan penggunaan anggaran pemerintah harus terbuka/transparan. Karena mereka harus menyadari bahwa uang yang dikelola itu adalah "uang rakyat"

0 comments: