Thursday, 13 October 2016

Usaha Yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Ke Pekalongan

"Pekalongan memang menyimpan banyak potensi pariwisata. Sayangnya belum tergarap baik."

Pariwisata memang menjadi salah satu industri yang sangat menarik sekarang ini dan dimasa depan industri ini menjanjikan peluang yang besar.Beberapa tahun belakangan ini setiap daerah berusaha membuat pariwisata mereka semakin dikenal oleh banyak orang. Kota / Kabupaten Pekalongan pun mempunyai peluang yang besar untuk menggaet wisatawan lokal dam asing agar datang berkunjung.

Untuk menciptakan pariwisata yang baik, perlu didukung oleh semua kalangan. Sebab, untuk mewujudkan itu tidak dapat dilakukan oleh pemerintah daerah sendirian.

Pemerintah Kota  Pekalongan, perlu menyediakan bus tingkat khusus wisatawan. Bus tingkat tersebut digunakan untuk keliling kota. Dengan adanya bus tingkat tersebut dapat membantu meningkatkan jumlah wisatawan datang ke Pekalongan.

Dan untuk Pemerintah Kabupaten Pekalongan perlu mencontoh kondisi wisata di Bali yang sudah dikenal luas hingga kancah internasional. Provinsi Bali memiliki ciri khas dalam wisatanya, yakni budaya. Budaya yang ada di Bali menjadi bahan jualan untuk menarik minat wisatawan. Salah satu potensi budaya yang belum tergali di Kabupaten Pekalongan yaitu Kampung Jawa Hindu di Linggo Asri Kajen. Kampung tersebut dapat dikembangkan menjadi tujuan wisata baru karena unik.

Pemerintah Kota dan Kabupaten Pekalongan harus bersinergi dan berkolaborasi dalam memajukan pariwisata. 

Usaha yang harus dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan adalah dengan :

(1) Promosi terus-terus menerus
Promosi wajib dilakukan agar wisatawan lokal dan mancanegara semakin mengenal daerah tujuan wisata, dengan mengikuti pameran pariwisata tingkat nasional dan internasional. Selain itu membuat website khusus mengenai pariwisata.

(2) Meningkatkan kualitas layanan dan akomodasi pariwisata. Pelayanan yang baik dan ramah akan membuat wisatawan menjadi senang dan bukan tidak mungkin mereka akan datang berkunjung lagi.

(3) Meningkatkan kenyamanan dan keamanan. Dua hal ini wajib dilakukan agar wisatawan merasa aman dan tidak merasa khawatir ketika berkunjung.

Masyarakat setempat juga harus ikut menjaga suasana yang aman dan nyaman agar wisatawan bisa menikmati liburan dengan nyaman. Selain itu keramah tamahan warga juga sangat menentukan kemajuan pariwisata suatu daerah.


0 comments: