Wednesday 30 May 2012

Pengalaman Pertama Ku Menggunakan Internet (1995)

Semasa di SMA Santo Bernardus Pekalongan pada tahun 1992 sampai dengan 1995 sudah membaca tentang internet,namun di Kota Pekalongan waktu itu belum ada layanan internet.
Awal tahun 1995 PT.Pos cabang Pekalongan menyediakan akses internet WasantaraNet (W-Net).Saya mendengar adanya layanan tersebut langsung saya mengunjunginya yang terletak di Kantor Pos Besar Pekalongan Jalan Cendrawasih Nomor 1.
Setelah di depan komputer,saya teringat betul komputer terinstal Microsoft Windows 95.Dua program browser/penjelajah internet yaitu Internet Explorer & Netscape dan messaging IRC.Situs yang pertama saya buka adalah Yahoo.com waktu itu belum ada Google.Mesin pencari yang diandalkan waktu itu adalah AOL dan Yahoo Search.Selain itu belum ada Social Networking.
Karena waktu itu merupakan pertama kali mengakses internet jadi belum dapat menentukan apakah akses internet tersebut termasuk cepat atau lambat.Tetapi jika dibandingkan sekarang jauh berbeda mungkin setara akses internet melalui dial-up.
Kemudian muncul layanan internet kedua  di Kota Pekalongan tepatnya di Jalan Terate yang bernama ChattingNet sekarang Inasaba.Kemudian saya mengunjungi dan mencoba akses internet.Pada waktu itu di Kota Pekalongan belum banyak orang yang mengerti internet dan akses internet masih mahal perjam Rp 10.000.
Setelah di depan komputer saya membuka IRC dan bergabung dalam grup pembicaraan (chatting group).Dan pertama kali saya bertemu dengan seseorang cewek dari KualaLumpur Malaysia dan saya merasa sangat cocok chatting dengannya.
Itulah pengalaman pertama kali saya mengakses internet di tahun 1995


0 comments: