Thursday 31 May 2012

Pengalaman pertama menyentuh komputer

Setelah lulus SMP Negeri 6 Pekalongan pada tahun 1992, lalu saya meneruskan ke sekolah,mendaftar ke SMA Santo Bernardus Pekalongan.Disinilah keingintahuan saya tentang komputer mulai terjawab sedikit demi sedikit.Pada waktu itu sudah ada pelajaran program komputer tetapi hanya pengenalan saja.Sekolah saya mengadakan ekstrakurikuler komputer seminggu dua kali namun karena semangat saya yang begitu tinggi setiap hari saya mengikutinya.
Pertama kali saya masuk ke ruang laboratorium komputer,melihat beberapa komputer desktop dengan monitor CRT/tabung yang berjumlah kurang lebih 30 unit berwarna putih susu.Masih teringgat jelas beberapa merk monitornya yaitu:Trigem,IBM dan SPC.
Sistem operasi yang terinstal DOS dan ada 2 unit menggunakan Microsoft Windows 3.1,software aplikasinya yaitu: Lotus 123,Wordstar,Pc tools,DBase & Basica.
Waktu itu komputer masih belum terhubung dengan jaringan (LAN) atau disebut "stand alone".
Intruktur pada waktu itu bernama Bp.Sugiarto dia tanpa bosan membimbing saya untuk memperdalam tentang komputer.
Saya suka membaca majalah komputer yang pada waktu itu sangat terbatas jumlahnya, yang saya ingat yaitu Majalah Mikrodata & Byte.Belum ada tabloid komputer.Saya suka bahasa pemograman D-Base 3+ dan Basica.Program aplikasi yang saya pertama buat yaitu Program Perpustakaan dengan menggunakan Dbase.

0 comments: