Saturday 3 November 2012

Yang sebenarnya berhak atas PLIK Lebakbarang Pekalongan

Team kami melakukan survey menentukan calon lokasi mitra PLIK di Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan. Waktu itu pada awal tahun 2011 kami tidak sengaja mengunjung sebuah toko yang selanjutnya kami ketahui milik Bapak Eko Riyanto yang beralamat Dukuh Pesanggrahan Cembrong RT.02 RW.05 Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan. Semua berkas sudah di tanda tangani dan waktu itu sudah saya kirim ke Jogja dan Jakarta untuk di ACC dan memang kemudian sudah masuk kedalam daftar mitra pengelola PLIK. Namun pada waktu itu kebijaksanaan manajemen lama Jogja (nb.sekarang orang-orang baru) mengharuskan mengadakan koneksi internet sendiri sebenarnya saya tahu bahwa jika koneksi internet untuk daerah terpencil akan diadakan oleh perusahaan yang memenangi tender PLIK-USO.
Pada hari-hari terakhir, saya menelepon dia lagi apakah masih bersedia untuk menjadi mitra PLIK, dia menjawab masih sanggup.
Tetapi waktu itu manajemen dari perusahaan memprioritaskan calon mitra PLIK yang mudah terjangkau jaringan telkom speedy. Akhirnya untuk sementara pengiriman PLIK Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan di tunda.
Singkat cerita pada bulan terakhir program PLIK, dari manajemen di Jogja memerintahkan saya untuk menentukan apakah PLIK Kecamatan Lebakbarang akan tetap diberi atau tidak. Saya menelepon dia lagi Bapak Eko Riyanto apakah dia sanggup untuk mengadakan koneksi internet sendiri. Dalam menjawab dia meminta waktu beberapa hari padahal waktu itu harus secepatnya memberi jawaban. Diantara jeda waktu itu ada seseorang yang bernama Surip menelepon saya, menanyakan apakah masih ada jatah PLIK untuk Kecamatan Lebakbarang, saya jawab ya (datar) karena saya tahu bahwa sebenarnya Bapak Eko Riyanto sudah masuk di daftar calon PLIK, jika waktu itu manajemen yang di Jogja tidak mengharuskan pengadaan koneksi internet sendiri maka Bapak Eko Riyanto yang sebenarnya berhak atas mitra PLIK Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan, karena saya tahu bahwa program PLIK dari pemerintah ini di utamakan untuk daerah-daerah yang memang belum terjangkau jaringan internet.

0 comments: