Saturday 21 February 2009

Pengangguran Jadilah Pengusaha

Akibat dampak dari krisis ekonomi global, banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya selain itu tidak memperpanjang masa kontrak yang telah habis. Hal ini menyebabkan jumlah pengangguran semakin banyak. Belum lagi para sarjana baru yang baru lulus. Mahasiswa ini akan lebih berat lagi untuk mendapatkan pekerjaan.

Setelah mereka lulus, mayoritas ingin bekerja di suatu perusahaan. Sangat sedikit sekali dari mereka yang bercita-cita setelah lulus ingin menjadi pengusaha yang menciptakan lapangan kerja bagi dirinya dan orang lain.

Memang menjadi pengusaha lebih sulit daripada hanya menjadi seorang karyawan.
Menjadi pengusaha harus tahan banting dan tidak pernah mengenal putus asa.
Saya sendiri mengalami sendiri semua suka dan duka dalam menjalankan suatu usaha.

Ada pepatah :

"Mendirikan suatu usaha lebih mudah daripada mempertahankan suatu usaha" artinya setiap orang dapat saja dengan mudah mendirikan suatu usaha, namun dalam menjalankan suatu usaha dituntut untuk konsisten (tidak gampang menyerah) dalam menghadapi berbagai rintangan yang menghadang.

Kita dapat lihat macam-macam usaha disekeliling kita.Ada yang bertahan hanya beberapa bulan adan yang tidak lebih dari 2 tahun.

Pada umumnya suatu usaha yang telah melewati masa 2 tahun kemungkinan lebih dapat bertahan untuk tahun berikutnya. Namun tanpa ada dibarengi adanya inovasi maka usaha kita dapat juga tenggelam dalam persaingan yang sudah sangat kompetitif.

0 comments: