Friday 26 June 2009

Sejumlah Jembatan Diperbaiki

PEKALONGAN - Sejumlah jembatan di jalur pantura di daerah Pemalang, Slawi, dan Brebes kini sedang diperbaiki.

Menurut Kasubbag Lantas Polwil Pekalongan Kompol Asep Amar Permana SIK, selama perbaikan terpaksa dilakukan rekayasa jalur atau pengalihan jalur sementara. Satu jalur yang biasanya difungsikan untuk satu arah kini berubah menjadi dua arah.

Dengan adanya pengalihan jalur tersebut, Asep meminta seluruh pengguna jalan untuk berhati-hati. Paling tidak, saat melintas di jalan itu para pengendara harus bersabar. Jika tidak, maka arus lalu lintas bisa jadi malah akan tersendat.

”Apalagi setiap Kamis dan Jumat, banyak kendaraan besar yang lewat di Pantura, sehingga para pengemudi saya minta waspada,” paparnya.
Lebaran Kapan perbaikan jembatan jalan itu akan selesai? Asep menjelaskan secara pasti belum mengetahuinya. Namun menurut keterangan seluruh Kasat Lantas di jajaran Polwil Pekalongan, sebelum Lebaran perbaikan tersebut sudah kelar.

”Meski demikian, saya tetap meminta seluruh Kasat Lantas supaya mendesak para kontraktor agar tepat waktu. Minimal, H-10 Lebaran perbaikan itu sudah selesai semuanya,” tandasnya.

Asep menandaskan, desakan itu dilakukan mengingat kondisi jalur pantura yang selalu dipadati kendaraan dari luar kota. Seperti diketahui, paparnya, wilayah hukumnya merupakan jalur utama yang menghubungkan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Jika perbaikan jembatan jalan belum selesai, maka arus lalu lintas akan semakin padat.

Pasalnya, menjelang Lebaran biasanya arus lalu lintas di jalur Pantura sangat padat. Ratusan ribu pemudik dari arah barat dengan berkendaraan roda dua maupun empat beriringan melintasi jalur tersebut. (H4-52)

0 comments: